Senin, 18 Agustus 2008

ANTAR MUKA KOMPUTER DAN SALURAN KOMUNIKASI

Sebelum membangun suatu jaringan komputer, perlu diperhatikan perangkat-perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkat keras merupakan alat yang mendukung berfungsinya suatu jaringan. Perangkat keras ini antara lain terdiri atas NIC(Network Interface Card), Hub, Kabel, Bridges, dan Router. Perangkat keras ini juga sebagai saluran komunikasi dalam membangun jaringan. Berikut ini akan diuraikan perangkat keras tersebut beserta fungsi-fungsinya.

1. Network Interface Card (NIC)
NIC yang disebut juga Kartu Antarmuka Jaringan merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer. Pada umumnya, PC (Personal Computer) dekstop sekarang ini telah memiliki NIC yang disebut Onboard Card LAN. PC yang belum memiliki NIC dapat dipasangkan pada slot ekspansi di dalam komputer. Komputer Notebook memiliki slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut dengan PCMCIA Slot. Pada komputer MAC, pemasangan NIC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputer. Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu Ethernet, Konektor Localtalk, dan kartu jaringan Token Ring. Umumnya Pc menggunakan kartu ethernet.

a. Ethernet Card (Kartu Ethernet)
Komputer yang belum memiliki port untuk LAN dapat menggunakan Ethernet Card yang dipasangkan pada slot ekspansi. Kartu jaringan ini memiliki port untuk koneksi kabel atau twisted pair. Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan konektor RJ-45 untuk kabel twisted pair. Selain memiliki port untuk BNC dan RJ-45 ada pula kartu jaringan Ethernet yang memiliki konektor AUI yang dapat dikoneksikan dengan kabel koaksial, twisted pair, atau serat optik.

2 komentar:

Saiin ( 西院 ) mengatakan...

keterangan nya kok tidak lengkap BOS

Theena Amelyra mengatakan...

iya ney... qt kn bth informasi lbih lnjut tentang media komunikasi dalam jaringan dan setting jaringan lokal